Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang
digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel sangat
berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga
bisa dicatat dalam program ini. Program Microsoft Excel seperti program
jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang
berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik.
Kelebihan Ms. Excel 2010
Kelebihan Ms. Excel 2010
Microsoft Office 2010 atau Office seri ke
14 merupakan penerus dari Office versi 2007. Walaupun masih sedikit
bocoran mengenai info Microsof Office 2010, pihak Microsoft
mengungkapkan bahwa pada Office 2010 ini akan lebih ringan dari pada
Microsoft Office versi sebelumnya. Pada Microsoft Office 2010, Microsoft
Office akan mendukung dua versi yag terpisah, yaitu versi 32 bit dan
versi 64 bit dan Office 2010 akan menjadi pertama yang melakukan dua
versi yang berbeda.Ini dia beberapa kelebihan dari office 2010 :
- Office 2010 has Screenshot Capture, ituluh fasilitas yang memungkinkan meng capture gambar.
- Fasilitas removal Background, keren nih..jadi bisa dengan gampang hapus background yg ada di shape,dll.
- Revamped Print Option, kalau yang ini kurang tau persis, letaknya ada di Opsional untuk print.
- Fasilitas Auto Permision yang lebih baik (untuk Sekuriti/keamanan).
- Tampilan button yang lebih menarik.
- SMArt Templates yang lebih baik.
- Proteksi mode ketika seseorang membuka file dari sebuah situs di internet. Dan masih banyak yang lainnya..
Di dalam MO 2010 tersedia berbagai aplikasi dalam keluarga Office,
termasuk Acces 2010, Excel 2010, InfoPath 2010, OneNote 2010, Outlook
2010, PowerPoint 2010, Project 2010, Publisher 2010, SharePoint Designer
2010, SharePoint Workspace 2010, Visio 2010,Word 2010,Office Web,
SharePoint server 2010, dan Visio 2010. Tidak hanya itu saja, Office 14
ini juga akan ditambahkan PDC, yang membuat inovasi Office ini semakin
menarik. Yang saya suka dari Microsoft Office 2010 adalah jauh lebih
Ringan dibanding MO 2007. jadi untuk PC juragan yang menjadi agak lemot
ketika menggunakan MO 2007, Microsoft Office 2010 patut dicoba.
Kelebihan, Kemampuan dan Fitur-fitur Excel
Kelebihan, Kemampuan dan Fitur-fitur Excel
- Memiliki fitur-fitur yang user friendly.
- Dilengkapi dengan Task Pane pada jendelanya.
- Dapat menggunakan acua relative dan mutlak
- Memiliki fungsi yang lengkap (bidang matematika,statistic,logika keuangan,refrensi,waktu dan teks).
- Dokumen dapat terdiri dari lembaran kerja dengan jumlah yang banyak
- Dilengkapi Perintah untuk menghapus dan menyisipkan baris dan kolom, perintah Undo-Redo,Perintah pengeditan data di sel,Berbagai pemformatan sel,Perintah Find dan Replace,Fasilitas AutoSave,Fasilitas Help
- Mengurutkan dan menyaring data
- Menyembunyikan baris dan kolom
- Menampilkan Print Preview dan mencetak
- Membuat grafik dalam berbagai bentuk
- Menggabung dan membagi sel
- Mengimpor data dari database perusahaan
- Menggunakan Macro, solver, Add - ins
- Menyimpan file dalam format XML
Perbedaan Ms. Excel 2007 dengan 2003
Saya coba memaparkan perbandingan antara Excel 2003 dan Excel 2007.- Jumlah baris
- Jumlah kolom
- tabel
- Formula
- Penampilan grafik / chart
- Membuka / menutup file
Fungsi-Fungsi Dalam Ms. Excel
=SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
=COUNT(…)
Fungsinya : Untuk melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
=MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sedereta sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
=MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
=AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
=ABS(…)
Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
=SQRT(…)
Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
=IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebaga kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb. Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”) artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan : Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh : =DATE(73,8,11) à 26887 hari
=VLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
=HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum : =HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
=LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
=RIGHT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kanan
Bentuk umum : =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
=MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks; start_number; number_char)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel
F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)
Sejarah Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya.
Keunggulan Microsoft Excel
Microsoft excel merupakan suatu software yang digunakan untuk membuat tabel.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya.
Keunggulan Microsoft Excel
Microsoft excel merupakan suatu software yang digunakan untuk membuat tabel.
Dalam software ini juga kita dapat
menggunakan rumus-rumus guna menjumlahkan,mengurangi, mencari nilai
rata2, mencari nilai max ataupun min, menampilkan persyaratan suatu
kondisi secara langsung tanpa harus menuliskan nya satu persatu...
Mempercepat perkerjaan kita terutama bila kita seorang akuntan...
Hal ini dikarenakan dalam software ini kita tidak lagi perlu menggunakan kalkulator dan apa bila kita melakukan kesalahan dalam suatu perhitungan akuntansi kita dapat memperbaikinya dengan sangat mudah tanpa harus mengubah semua data yang ada…
karena rumus yang digunakan dalam software ini bersifat otomatis (rumus selalu mengarah pada sel) jadi bila kita mengubah isi satu sel saja maka hasil dari semua sel akan ikut berganti apabila sel-sel tersebut mengandung rumus yang berkaitan dengan rumus sel yang diganti tadi…
sumber : http://arindapuspita16.blogspot.com/2013/02/artikel-microsoft-excel.html
Mempercepat perkerjaan kita terutama bila kita seorang akuntan...
Hal ini dikarenakan dalam software ini kita tidak lagi perlu menggunakan kalkulator dan apa bila kita melakukan kesalahan dalam suatu perhitungan akuntansi kita dapat memperbaikinya dengan sangat mudah tanpa harus mengubah semua data yang ada…
karena rumus yang digunakan dalam software ini bersifat otomatis (rumus selalu mengarah pada sel) jadi bila kita mengubah isi satu sel saja maka hasil dari semua sel akan ikut berganti apabila sel-sel tersebut mengandung rumus yang berkaitan dengan rumus sel yang diganti tadi…
sumber : http://arindapuspita16.blogspot.com/2013/02/artikel-microsoft-excel.html
koreksi
BalasHapus1. tulisan di artikel ada yang berwarna putih dan hitam, diseragamkan saja
2. sub judul jangan terlalu besar dan hampir menyamai Judul Pos / Judul artikel,,
terima kasih
Bisa minta tolong dibuatkan judul lainnya yang lebih menarik dan sesuai dengan isi artikel ??
BalasHapus